SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi :1. Memahami hakikat bangsa dan
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Alokasi waktu : 8 X 45 Menit
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya
negara
|
Bangsa dan negara
o
manusia sebagai mahkluk individu dan
mahkluk sosial
o
Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o
Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang berdaulat
- Pengakuan dari negara lain
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji berbagai
literatur tentang
kedudukan manusia
sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
Mendiskusikan hasil
kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa, Pengertian Negara
dan Unsur-unsur terbentuknya negara
|
·
Mendeskripsikan kedudukan manusia
sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
·
Menguraikan
pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
·
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan
Dra. Retno Listyarti
·
Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi,
Malang: Penerbit IKIP Malang
·
Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA,
|
1.2
Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk
kenegaraan
|
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
o
Hakikat negara
o
Asal mula terjadinya negara
o
pentingnya pengakuan suatu negara dari
negara lain
o
Bentuk- bentuk kenegaraan
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara
Mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara
dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan
|
·
Menganalisis pengertian Negara
·
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
·
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh
negara lain bagi suatu negara
·
Membandingkan bentuk-bentuk
kenegaraan
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Esis
Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
·
Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra
Karsa Mandiri.
|
1.3 Menjelaskan
pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
|
o
Pengertian fungsi dan tujuan negara secara
universal
o
Pengertian dan tujuan NKRI
o
Perbandingan berbagai teori tentang fungsi
dan tujuan negara
o
Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar
membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian,
fungsi negara secara universal
Mendiskusikan hasil kajian literatur teori
tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
·
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
·
Membandingkan
berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
·
Mendeskripsikan
tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Esis
Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
·
Idrus Affandi, (1997), tata negara, Jakarta: Depdikbud-
balai pustaka
|
1.4
Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan
patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
o
Semangat kebangsaan (nasionalisme dan
patriotisme)
- Makna nasionalisme
- Makna patriotisme
o
Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
o
Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
· Mengkaji
dari literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam
perwujudan nasionalisme
· Mendiskusikan
hasil kajian literatur tentang
pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap
nasionalisme dan patriotisme Indonesia
|
·
Mendeskripsikan makna
semangat kebangsaan
·
Menguraikan macam-macam
perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
·
Menunjukkan contoh perilaku
yang sesuai dengan semangat kebangsaan
·
Menunjukkan sikap positif
terhadap patriotisme Indonesia
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Esis
Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
·
Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian
sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta
·
Hans Kohn (1961), Nasionalisme arti dan sejarahnya,
Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar
Kompetensi : 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
2.1
Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan
nasional
|
Sistem hukum dan lembaga
peradilan
o Pengertian hukum
o Tata hukum Indonesia
o Penggolongan hukum
o Sumber hukum
o Lembaga- lembaga peradilan
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Menganalisis berbagai buku sumber tentang pengertian sistem hukum dan penggolongan
hukum.
Berdiskusi hasil kajian
tentang sumber hukum, pengertian
lembaga peradilan nasional dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
|
·
Mendeskripsikan
pengertian hukum
·
Menentukan
macam-macam penggolongan Hukum
·
Mendeskripsikan
sumber hukum formal dan material
·
Menjelaskan
sistem tata hukum Indonesia
·
Mendeskripsikan
pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Soehino (1987) Ilmu Negara, Jakarta
· Sudargo Gautama (1987), Hukum Perdata Internasional Indonesia, Jakarta,
Alumni
|
2.2
Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
|
Lembaga Peradilan
o Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
o Klasifikasi lembaga peradilan
o Tingkatan lembaga peradilan
o Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji berbagai
literatur tentang perangkat lembaga
peradilan
Berdiskusi kelompok hasil
kajian tentang macam-macam lembaga peradilan dan peranan lembaga peradilan
Melihat praktek peradilan
pada tingkat pengadilan negeri
|
·
Menguraikan
perangkat lembaga peradilan
·
Menganalisis
macam-macam lembaga peradilan
·
Menganalisis
peranan lembaga peradilan
·
Menganalisis
pelaksanaan lembaga peradilan
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi Laporan
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· UU kehakiman Republik Indonesia
· Lembaga pemasyarakatan
|
2.3
Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum
yang berlaku
|
Sikap yang sesuai dengan
hukum
o Perbuatan-perbuatan
yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
o Contoh
perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Berdiskusi tentang sikap
taat pada hukum
Menganalisis macam-macam
perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan sanksinya
|
·
Menunjukkan
contoh sikap taat terhadap hukum
·
Menganalisis
macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum
·
Menganalisis
macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2
x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Berbagai media cetak dan elektronik
|
2.4
Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Pemberantasan korupsi
o Pengertian Korupsi
o Dasar hukum pemberantas korupsi
o Klasifikasi perbuatan korupsi
o Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji dari berbagai literatur tentang aturan dan
macam – macam perbuatan yang berkategori korupsi
Mengkaji media cetak tentang
contoh pemberantasan korupsi di
Indonesia
Berdiskusi hasil kajian pemberantasan korupsi di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
·
Menganalisis
macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi
·
Menunjukkan
contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Kumpulan naskah yang dikeluarkan oleh KPK
|
2.5
Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan
korupsi di Indonesia
|
Peran serta dalam upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia
o Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
o Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
o Sikap diri anti korupsi
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Menelaah berbagai literatur
tentang korupsi tentang perbuatan sikap anti korupsi
Mendiskusikan tentang
macam- macam perbuatan anti korupsi
|
·
Menunjukkan
contoh sikap anti korupsi
·
Menunjukkan
contoh gerakan/ organisasi anti korupsi
·
Menganalisis
macam-macam perbuatan anti korupsi
·
Manampilkan sikap
anti korupsi
|
·
Non tes: Performance
tes (tugas kelompok/ individu)
·
Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, lainnya)
·
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Media cetak dan elektronik
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan
perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
Alokasi Waktu :
6 X 45 Menit
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1
Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM
|
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
o
Pengertian dan macam- macam HAM
o
Upaya pemerintah dalam menegakan HAM
o
Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM
o
Peran masyarakat dalam menegakan HAM
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji dari berbagai pustaka (buku paket dan sumber lain) tentang pengertian, macam- macam instrumen
HAM
Mendiskusikan artikel tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM yang dilakukan
pemerintah, individu dan masyarakat
|
·
Menganalisis upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM yang dilakukan pemerintah
·
Menentukan
instrumen HAM nasional
·
Mendeskripsikan upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Fakih
Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145, Yogyakarta:
Insist Press.
· Mansyur
Effendi, ( 1993), HAM, Jakarta, GI
|
3.2
Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakan HAM di
Indonesia
|
peran serta dalam penegakan HAM
di Indonesia
o
Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
o
Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
o contoh
perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji berbagai sumber tentang proses
penegakkan HAM, menentukan sikap,
perilaku yang sesuai dengan upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM di Indonesia
Melalui pengamatan dapat
mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh perilaku dalam penegakkan HAM
|
·
Menguraikan
proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
·
Mengilustrasikan
berbagai kasus pelanggaran HAM
·
Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM di Indonesia
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· UU HAM
· Munir (2003), HAM dan posisi Hukum, LPTHI Ikadin, Jakarta
|
3.3
Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan
internasional HAM
|
instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
o
Instrumen HAM Internasional
o
Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
o
Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan
Internasional
|
· Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
· Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji beberapa literatur dan
sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM serta menunjukkan bentuk pelanggaran
HAM internasional
|
·
Mendeskripsikan
instrumen HAM internasional
·
Menunjukkan
bentuk pelanggaran HAM internasional
·
Mendeskripsikan
peradilan HAM internasional
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Aturan HAM Internasional
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah.........
(...........................................................)
|
...........,
............................ 20.....
Guru Mapel PKN.
(.......................................................)
|
Download Gratis Aplikasi Facebook
Download Gratis Aplikasi Wallpaper
Download Aplikasi Game Tebak Gambar Buah-buahan